BLOG INFORMASI, BLOG SEPUTAR ONLINE EARNING, BISNIS INTERNET, SEORANG YANG MENGENAL SEO, TIPS DAN TRIK SEPUTAR BISNIS INTERNET.

Sunday 7 December 2008

Rata-Rata Manula Merasa 13 Tahun Lebih Muda

Sebuah survei yang dilakukan University of Michigan mengungkapkan manusia lanjut usia (Manula) rata-rata merasa 13 tahun lebih muda dari usia yang sebenarnya. Perasaan lebih muda itu lebih banyak menimpa kaum perempuan yang berusia di atas 70 tahun.

"Orang berusia lanjut umumnya merasa lebih muda dibandingkan dengan usia sesungguhnya, dan kebanyakan mereka merasa 13 tahun lebih muda, dan itu adalah ukuran yang optimal untuk mengkhayal," kata peneliti University of Michigan Institute for Social Research, Jacqui Smith seperti dilansir Livescience, Jumat (5/12/2008).

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada Journals of Gerontology: Psychological Science itu menyatakan, penelitian dilakukan terhadap 516 pria dan wanita berusia di atas 70 tahun yang dilakukan di Berlin.



Meskipun dilakukan di Berlin, Jerman, Smith mengatakan hasil tersebut juga dipastikan sama dengan orang-orang Amerika Serikat, karena sebelumnya ia pernah melakukan penelitian serupa, dan hasilnya tak jauh berbeda.

Penelitian dilakukan dengan menanyakan, 'Berapa umur yang anda rasakan saat Anda berada di depan cermin?' dan rata-rata responden menjawab sepuluh hingga tiga belas tahun lebih muda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rata-Rata Manula Merasa 13 Tahun Lebih Muda

10 comments:

  1. waaaaaa kpan aku manula yah???
    g krasa uda 20 taun hidup di dunia... ehehe...salam kenal... makasi ud ngunjungi blogku...

    ReplyDelete
  2. biar tua harus tetep berjiwa muda donk.. wkekek

    ReplyDelete
  3. kalo aq mrasa 13 taun lebih muda lak jadi masi 3 taun???

    ReplyDelete
  4. wah, bisa pacaran lagi dunk kalau begini neh.. :D
    sweet17 maning .. hahaha

    BTW, salam kenal. blog nya bagus neh.
    blogroll yuu mas. thanks

    ReplyDelete
  5. Wiih...dah banyak paid review nya nih bud...selamat yaaa..perasaan baru bulan kemaren deh migrasi ke blog ini...dah rame lagi...SIIIIP!

    Mungkin karena orang modern sekarang lebih pede dibanding orang bahari kaliii...

    ReplyDelete
  6. kok sayah merasa 23th leih muda ya
    (berarti masih umur 2 minggu donk) hohoho

    ReplyDelete
  7. Manula biasanya kembali ke masa kanak kanak

    ReplyDelete
  8. @sandy : wkwkwkwk berarti lo udah ngerasa jadi manula???

    ReplyDelete
  9. kalooo aq mau nyaa kecil terus .....

    ReplyDelete
  10. #Penelitian dilakukan dengan menanyakan, 'Berapa umur yang anda rasakan saat Anda berada di depan cermin?' dan rata-rata responden menjawab sepuluh hingga tiga belas tahun lebih muda.#

    Kakek dan neneknya genit juga ya sering-sering bercermin. Hehe.

    Kalau dilihat sih jawaban dominan (tidak disebutkan berapa tepatnya prosentasenya) yang keluar dari kakek-nenek ketika ditanya oleh yang men-survey lebih kepada 'membesarkan hati' bukan dalam arti nyata bahwa si kakek-nenek merasa 13 tahun lebih muda.

    Akan sangat wajar ketika kita berusia senja, keriput sudah menghiasi wajah kita dan kita melontarkan jawaban yang dapat membuat kita 'merasa' lebih muda karena dengan begitu akan mengangkat semangat kita di hari tua.

    ReplyDelete